Rabu, 23 Maret 2016

Diresmikan Jokowi, Jembatan Terpanjang di Kalimantan Bernama Pak Kasih Tayan

Diresmikan Jokowi, Jembatan Terpanjang di Kalimantan Bernama Pak Kasih Tayan

Selasa, 22/03/2016
Diresmikan Jokowi, Jembatan Terpanjang di Kalimantan Bernama Pak Kasih Tayan Foto: Dina Rayanti-detikFinance
Sanggau -Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini meresmikan jembatan Pak Kasih Tayan di Sanggau, Kalimantan Barat. Ini merupakan jembatan terpanjang di Kalimantan yaitu, 1.650 meter.

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan tujuan dari berbagai pembangunan infrastruktur adalah untuk menghadirkan manfaat bagi rakyat.

"Semua infrastruktur perhubungan diharapkan akan membuat pergerakan barang dan manusia menjadi lebih lancar, dan ujungnya rakyat akan mendapat harga barang dan jasa yang lebih murah," ujar Jokowi di Jembatan Pak Kasih Tayan, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, Selasa (22/3/2016).

Pembangunan jembatan ini dilakukan dengan cepat agar bisa segera dimanfaatkan oleh masyarakat. Kehadiran Jembatan Pak Kasih Tayan membantu transportasi masyarakat karena tak perlu membayar untuk menyeberang sungai Kapuas.

"Sebelum ada jembatan ini, mobil dan motor harus bayar Rp. 200.000. Artinya masyarakat mendapat keuntungan karena tadinya bayar, sekarang tidak," kata Jokowi.

Jembatan Pak Kasih Tayan yang diresmikan hari ini merupakan bagian dari jalur Trans Kalimantan. Ini merupakan jembatan terpanjang di Kalimantan dengan total panjang 1.650 m. Jembatan ini menghubungkan Provinsi Kalimantan Barat di bagian Utara, dengan Provinsi Kalimantan Tengah di bagian Selatan.

Jembatan yang memiliki dua bentang utama, pertama panjangnya 430 meter dan bentang kedua mencapai 1.220 meter dengan lebar 11 m. Selain untuk penghubung, jembatan ini juga akan menjadi objek wisata kebanggaan masyarakat Kabupaten Sanggau.
g Presiden Joko Widodo (kedua kanan) meninjau Jembatan Pakkasih usai diresmikan di Kecamatan Tayan, Kabupaten Sanggau, Kalbar, Selasa (22/3).
Hadir dalam acara ini Ibu Negara Iriana Widodo, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Gubernur Kalimantan Barat Cornellis.
sumber : http://finance.detik.com/read/2016/03/22/184230/3170947/4/diresmikan-jokowi-jembatan-terpanjang-di-kalimantan-bernama-pak-kasih-tayan

Ada Jembatan Terpanjang di Kalimantan, Warga Tak Perlu Naik Feri

Selasa, 22/03/2016
Ada Jembatan Terpanjang di Kalimantan, Warga Tak Perlu Naik Feri Foto: Dok. Kementerian PUPR
Sanggau -Presiden Joko Widodo hari ini meresmikan Jembatan Kapuas Tayan di Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalimantan Barat. Usai meresmikan, Jokowi sempat berjalan ke tengah jembatan untuk melihat-lihat kondisi di sekitar jembatan.

Ia juga sempat melewati jembatan tersebut menggunakan mobilnya. Berdasarkan pantauan detikFinance, jalan di Jembatan Tayan mulus dan diaspal. Tampak juga besi-besi oranamen di sepanjang sisi jembatan Kapuas Tayan.

Saat peresmian banyak warga yang berkunjung untuk melihat jembatan tersebut, salah satunya Eka yang mengaku senang dengan dibangunnya jembatan Tayan.

"Senang sekali ya, jadi nggak harus naik ferry lagi, biasanya saya naik kapal feri bawa motor bayarnya Rp 20 ribu, sekarang nggak harus bayar lagi," kata Eka kepada detikFinance, di Jembatan Tayan, Kalimantan Barat, Selasa (22/3/2016).

Jembatan Kapuas Tayan memiliki panjang 1.650 meter dan terdiri dari dua bentang, yaitu Jembatan I sepanjang 430 meter dan Jembatan II sepanjang 1.220 meter.

Kehadiran Jembatan Kapuas Tayan ini akan memberi manfaat langsung tidak hanya untuk masyarakat, juga para pengusaha dan industri sekitarnya, selain itu juga untuk percepatan ekonomi dan laju transportasi

sumber : http://finance.detik.com/read/2016/03/22/182051/3170921/4/ada-jembatan-terpanjang-di-kalimantan-warga-tak-perlu-naik-feri

Jembatan Terpanjang di Kalimantan Selesai Dibangun, Ini Penampakannya

Kamis, 03/03/2016
Jembatan Terpanjang di Kalimantan Selesai Dibangun, Ini Penampakannya Foto: Istimewa
Jakarta -Jembatan Kapuas Tayan di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, telah selesai dibangun. Uji coba jembatan untuk dilewati kendaraan sudah berlangsung sejak 19 Februari 2016.

"Jembatan Tayan sudah selesai, malah sudah uji coba traffic sekarang. Sudah dari tanggal 19 (Februari) kita buka untuk kendaraan lewat," ujar Kepala Pelaksana Satuan Kerja Jembatan Kapuas Tayan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Yudha Hadita kepada detikFinance, Selasa lalu.

Dok. Kementerian PUPR


Total panjang jembatan ditambah jalan akses mencapai 5,3 kilometer (km). Sedangkan panjang jembatan mencapai 1,42 km dan terdiri dari 2 bagian jembatan.

Bagian pertama sepanjang 280 meter dengan lebar 11,5 meter, dan bagian kedua sepanjang 1,14 km dengan lebar 11,5 meter. Jembatan ini menjadi yang terpanjang di Kalimantan.

"Dibilang terpanjang iya dari segi bangunannya. Artinya, bagian jembatan yang melayang memang yang terpanjang," kata Yudha.

Dok. Kementerian PUPR


Jembatan Kapuas Tayan menghubungkan Provinsi Kalimantan Barat dengan Kalimantan Tengah melalui Desa Tayan dan Desa Piasak, di Kecamatan Tayan Hilir, Kabupaten Sanggau. Selain itu, jembatan ini sangat penting karena menghubungkan jalan trans selatan Kalimantan yang belum tersambung.

Jembatan ini digarap oleh 2 kontraktor yaitu China Road and Bridge Corporation dengan PT Wijaya Karya Tbk. Proses pembangunan berjalan sejak September 2012 dengan total biaya mencapai Rp 1,023 triliun.

Dok. Kementerian PUPR
Ini Proyek-proyek Jembatan Panjang di Luar Jawa

Yudha menambahkan, konstruksi Jembatan Kapuas Tayan selalu dievaluasi setiap 2 minggu. Rencananya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan beroperasinya jembatan ini.
sumber : http://finance.detik.com/read/2016/03/03/072033/3156253/4/jembatan-terpanjang-di-kalimantan-selesai-dibangun-ini-penampakannya



Tidak ada komentar:

Posting Komentar