Rabu, 23 Maret 2016

Jokowi Resmikan Bandara Ramah Lingkungan Pertama di Indonesia

Ray Jordan - detikNews
Jokowi Resmikan Bandara Ramah Lingkungan Pertama di Indonesia Foto: Ray Jordan/detikcom
Tarakan - Presiden Joko Widodo meresmikan Bandar Udara Internasional Juwata, Tarakan, Kalimantan Utara. Bandara yang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda kini dijadikan sebagai bandara internasional.

Jokowi tiba di Bandara Internasional Juwata, Tarakan, Kalimantan Utara sekitar pukul 16.00 WITA, Rabu (23/3/2016), setelah bertolak dari Bandara Soepadio, Pontianak, Kalimantan Barat. Kehadiran Jokowi disambut langsung oleh Menteri Perhubungan Ignasius Jonan dan Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie.

Begitu tiba, Jokowi langsung melihat maket pembangunan Bandara Internasional Juwata. Untuk diketahui, Kota Tarakan ini dulunya masih tergabung dengan Provinsi Kalimantan Timur, dari baru mekar menjadi Ibu Kota Provinsi Kalimantan Utara pada 25 Oktober 2012.

"Pembangunan Bandara Juwata sebenarnya sudah dibangun sejak zaman penjajahan Belanda dan memiliki arti penting bagi masyarakat Kalimantan Timur. Seiring waktu, bandara ini berperan penting bagi pembangunan dan perekonomian di Kalimantan Timur," ujar Irianto Lambrie dalam sambutannya.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengatakan, Bandara Juwata ini merupakan bandara pertama di Indonesia yang menerapkan teknologi ramah lingkungan. Bandara ini juga menerapkan sistem ramah lingkungannya di apron saat pengisian bahan Bakar avtur.
Bandara ini menerapkan sistem hemat energi


"Ini bandara ramah lingkungan. Bandara ini menerapkan sistem hemat energi. Di siang hari bandara ini tidak memerlukan lampu. Berbeda dengan Bandara Soekarno Hatta yang di terminalnya siang hari saja harus pakai lampu," kata Jonan.

Jonan mengatakan bandara ini memikiki runway sepanjang 2.250 meter. Bandara ini juga mampu menerima kedatangan pesawat berbadan besar.

"Bandara ini bisa didatangi pesawat berbadan besar, seperti pesawat kepresidenan Bapak yang mendarat dengan mulus," kata Jonan.

Jonan mengatakan Bandara Juwata ini menjadi bandara internasional pertama yang dibangun sejak 20 tahun lalu. Bandara ini juga menjadi bandara transit bagi maskapai yang hendak melakukan perjalanan ke luar negeri. Bangunan ini diprediksi tahan hingga 15 tahun ke depan.

"Kita sudah lama tidak memiliki bandara transit internasional. Setelah perkembangan pesawat jet. Sekarang pesawat jetnya besar-besar dengan waktu tempuh hingga 13 jam. Kita sudah tidak punya lagi bandara transit internasional sejak 20 tahun lebih," kata Jonan.
Bandara ini juga menjadi bandara transit bagi maskapai yang hendak ke luar negeri


Setelah mendengarkan pemaparan Irianto, Jonan dan menyaksikan penayangan video pembangunan Bandara Juwata, Presiden Jokowi  meresmikan pengoperasian bandara internasional itu. Peresmian dilakukan dengan menekan tombol sirine.

"Ini akan jadi bandara yang menghubungkan antara provinsi dan kota-kota. Ini menjadi bandara di sebelah Utara yang akan menghubungkan dengan Brunei, Malaysia, Filipina," kata Jokowi.
Dina Rayanti - detikfinance
Sabtu, 19/03/2016 21:00 WIB
Jokowi Dijadwalkan Tinjau dan Resmikan Bandara Juwata Minggu Depan
"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, saya nyatakan Bandara Internasional Juwata resmi dioperasikan," tambah Jokowi.
Wajah lama Bandara Internasional Juwata-Tarakan
http://news.detik.com/berita/3171705/jokowi-resmikan-bandara-ramah-lingkungan-pertama-di-indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar