Jumat, 21 Agustus 2015

Jalan Perbatasan Kalimantan-Malaysia Mulai Digarap Paling Lambat April 2015

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sedang menggenjot pembangunan kawasan perbatasan. Salah satunya adalah peningkatan kualitas jalan di wilayah Kalimantan bagian utara yang berbatasan dengan Malaysia.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Djoko Murjanto mengatakan, pengerjaan fisik akan mulai dilakukan selambat-lambatnya April 2015.

"Kita kerja cepat. Mudah-mudahan Maret atau April sudah bisa pekerjaan fisik," ujar Djoko kala berbincang dengan detikFinance di kantornya, Rabu (7/1/2015).‎

Ia menjelaskan, pengerjaan fisik yang dilakukan pada April 2015 adalah pembersihan lahan yang akan dijadikan lokasi pembangunan jalan. Pembersihan yang dilakukan adalah penebangan pohon hingga pengurukan lahan sehingga cukup rata untuk dijadikan jalan.

Saat ini proses yang sedang berjalan adalah koordinasi antara pemerintah pusat dengan daerah. Djoko mengatakan, dalam waktu dekat akan mulai dilakukan lelang kontraktor yang akan menggarap proyek ini.

"Kemarin saya expose ke Pak Menteri, lalu expose lagi nanti ke Pak Gubernur Kalimantan Barat. Kemudian kita langsung mulai lelang," sebut dia.

Khusus untuk kawasan perbatasan di Kalimantan, lanjut Djoko, tersedia dana peningkatan mutu jalan sebesar Rp 1 triliun pada tahun ini.

"Secara nasional kita punya Rp 2,5 triliun untuk Kalimantan, Papua dan NTT. Untuk Kalimantan Rp 1 triliun," sebutnya.

Adapun titik lokasi yang akan dikerjakan diantaranya, Aruk, Entikong, Jasa, dan Long Bawang dengan total panjang jalan mencapai 32 km. Lokasi-lokasi tersebut akan dibagi dalam beberapa ruas.

"Pertama, ada Balai Karang-Entikong sekitar 20 km. Lalu Aruk dan Jasa, kemudian juga ada daerah namanya Long Bawang. Itu kalau ditotal sekitar 32 km," papar dia.

Saat ini, sebenarnya sudah tersedia jalan nasional yang berhubungan langsung dengan Malaysia, hanya saja kualitasnya kurang mumpuni. Bila di arah Malaysia tersedia jalan beraspal 4 ruas, di Kalimantan hanya tersedia jalan 2 ruas.
sumber : http://finance.detik.com/read/2015/01/07/092643/2795985/4/jalan-perbatasan-kalimantan-malaysia-mulai-digarap-paling-lambat-april-2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar