Jumat, 21 Agustus 2015

Jarak Terdekat Jalan Perbatasan Kalimantan dengan Malaysia 3,8 Km

Pemerintah berkomitmen melakukan pembangunan dari pinggiran, termasuk membangun kawasan perbatasan dengan negara lain. Misalnya pembangunan jalan lintas paralel atau sejajar dengan garis pinggir perbatasan di Kalimantan, yang berbatasan langsung dengan Serawak hingga Sabah, Malaysia.

Jalan lintas paralel perbatasan adalah jalan yang sejajar dengan garis perbatasan Indonesia-Malaysia. Membentang dari ujung Barat hingga ujung Timur Pulau Kalimantan melintasi 3 Provinsi yakni Kalimantan Barat, Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara.

Meski sejajar, jalan ini tak menempel dengan garis perbatasan kedua negara. Lokasi jalan paralel perbatasan masih berjarak berkilometer dari titik garis perbatasan Indonesia-Malaysia.

Data Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PU dan Perumahan Rakyat (PUPR) menunjukkan, jarak terdekat ada di ruas Nangabadau-Lanjak. Jaraknya hanya 3,8 km dari batas Serawak, Malaysia.

Sementara ruas jalan yang paling jauh adalah, ruas Langap-Malinau-Mensalong di Kalimantan Utara. Ruas ini berjarak kurang lebih 192 km dari batas Serawak, Malaysia.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, Hediyanto W Husaini mengatakan, hal ini karena pembangunan ruas-ruas baru yang masih belum terhubung harus mengikuti alur jalan yang sudah ada.

"Ini untuk mempermudah pekerjaan. Kalau kami benar-benar buka baru dari ujung sampai ujung yang alurnya belum ada, akan makan waktu lama dan mungkin biayanya tidak cukup. Jadi kami utamakan menyambungkan ruas-ruas yang sudah ada," ujarnya kepada detikFinance, Kamis (20/8/2015).

Jalan Lintas Paralel Perbatasan ini akan terhubung dengan sejumlah jalan-jalan menuju perbatasan. Di antaranya, Simpang Tanjung-Aruk/Batas Serawak sepanjang 11 km. Kemudian ada Balai Karangan-Entikong-Batas serawak sepanjang 21 km, dan Nanga Badau-Batas Serawak sepanjang 3,8 km.

Lalu ada Malinau-Long Bawan-Long Midang-Batas Serawak sepanjang 232,6 km, dan juga Mensalong-Tau Lumbis-Batas Serawak sepanjang 147,7 km.
Sumber : http://finance.detik.com/read/2015/08/21/080443/2997205/4/jarak-terdekat-jalan-perbatasan-kalimantan-dengan-malaysia-38-km

Tidak ada komentar:

Posting Komentar