Jumat, 21 Agustus 2015

PERBATASAN AKAN DI ‘MAKE UP’ MENTERI PU PERA BASUKI HADIMULJONO TINJAU LANGSUNG ENTIKONG

Perbatasan Entikong Kabupaten Sanggau-Negara Malaysia (Kuching) yang selama ini belum mendapatkan perhatian secara serius dari Pemerintah Pusat, mulai Tahun 2015 ini, diwacanakan akan segera di make up secara total oleh pemerintah pusat, dengan harapan supaya benar-benar menjadi beranda depan sebuah Negara yang berdaulat.
“Akan segera dibenahi serta dibangun secara representatif, karena ini merupakan beranda depan wajah negara, jadi kalau wajah saja penampilannya kurang bagus maka kedalamnya akan memberikan kesan yang buruk, oleh sebab itu perbatasan Entikong yang selama ini sangat kumuh dan kurang tertata dengan rapi, mulai tahun ini akan segera diubah menjadi lebih baik, “tegas Gubernur Kalbar Drs Cornelis MH  disela-sela kunjungan kerjanya di daerah Perbatasan sekaligus mendapingi Kunjungan Kerja Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI Basuki Hadimuljono di Entikong, Kamis ( 15/1/2015).
Dikatakan Cornelis, selama ini perbatasan sering dikunjungi ‘Pejabat Pusat’, tapi belum membuahkan hasil yang maksimal, sekarang  sejak ditinjau oleh Rombongan MPR RI beberapa waktu lalu, berlanjut dengan Rombongan Menteri PU, ini menunjukan  komitmen  Pemerintah Pusat dalam melihat aspirasi masyarakat perbatasan Provinsi Kalbar khususunya daerah perbatasan, kebaikan dari Pemerintah Pusat dalam memberikan porsi pembangunan  kepada Kalbar, perlu diberikan apresiasi serta dukungan, sekarang tinggal masyarakat perbatasan Entikong harus siap untuk memberi  dorongan serta mengamankan  proses pembangunan tersebut, “Masyarakat jangan macam-macam, jangan ada lagi timbul calo-calo” yang akan menghambat, kalau  ini terjadi, Pemerintah Pusat bisa saja mengalihkan pembangunan tersebut didaerah lain, “pinta Cornelis.
Pemerintah Provinsi Kalbar sangat berkomitmen serta mendorong proses pembangunan daerah perbatasan, karena selama ini memang ada sebagian  wilayah perbatasan belum tersentuh dengan pembangunan, maka secara bertahap tetap kita lakukan, karena kewenangan ini berada dipemerintah Pusat, “ jelasnya.
Rombongan Menteri PU yang didampingi Gubernur Kalbar Drs Cornelis MH, Pangdam XII Tanjungpura, Kapolda dan Waka Polda Kalbar serta beberapa Dirjen Departemen PU, serta juga Kepala Dinas PU Kalbar dengan menggunakan Helikopter meninjau Perbatasan Entikong, hingga masuk di wilayah Malaysia (Kuching) melihat pelabuhan darat ( SM INLAND PORT), selanjutnya rombongan melihat pembangunan jalan Aruk-Sajingan dari atas udara mengunakan Helikopter dilanjutkan meninjau pembangunan Jembatan Tayan Kabupaten Sanggau.
Menteri PU Basuki Hadimuljono mengatakan, setelah melihat pembangunan jalan wilayah Negara Malaysia mengatakan pada prinsipnya kualitas jalan Indonesia dan Negara Malaysia sama saja, Cuman perbedaannya Indonesia lemah dalam pengawasannya, tapi pada tahun ini pihaknya akan memberikan pengawasan yang ketat serta memberikan anggaran kelanjutan untuk membangun wilayah perbatasan Entikong, hingga perbatasan Aruk Kecamatan Sajingan besar Kabupaten Sambas.
“Kita harapkan seluruh aparatur pemerintah daerah, terutama aparatur Dinas Pekerjaan Umum. Agar berhati-hati dalam bekerja, sedemikian teliti dalam mengelola anggaran yang diberikan pemerintah pusat. Sehingga memberikan dampak dan dapat dirasakan oleh khalayak masyarakat banyak didaerah tersebut”, tegas Hadimuljono.
Mengenai Jembatan Tayan, akan segera diteruskan, oleh sebab itu pihaknya meminta kepada kontraktor untuk melaporkan serta memberi masukan kepada kementerian PU Perumahan Rakyat mengenai setiap progresnya.
sumber : http://pu.kalbarprov.go.id/detailpost/perbatasan-akan-di-make-up-menteri-pu-pera-basuki-hadimuljono-tinjau-langsung-entikong

Tidak ada komentar:

Posting Komentar